Rancangan komputer idamanku

Disini saya akan memberitahukan rancangan komputer idaman saya ,yang mana rancangan komputer saya terdiri dari hadware,software dan juga keamanan komputernya.terlebih dahulu disini saya akan menjelaskan bagian hadware pada komputer yang terdiri dari(cpu,input,output).

Central processing unit (CPU) dari sebuah komputer adalah bagian dari hardware yang melaksanakan instruksi dari program komputer. Ia melakukan aritmatika, logis, dan operasi input / output dasar dari sebuah sistem komputer. CPU adalah seperti otak dari komputer – setiap instruksi, tidak peduli seberapa sederhana, harus melalui CPU.

Komponen CPU

Sebuah CPU umumnya memiliki sejumlah komponen. Pertama adalah unit aritmatika logika (ALU) yang melakukan aritmatika sederhana dan operasi logis. Kedua adalah unit kontrol (CU) yang mengelola berbagai komponen komputer. Ini membaca dan menafsirkan instruksi dari memori dan mengubahnya menjadi serangkaian sinyal untuk mengaktifkan bagian-bagian lain dari komputer. Unit kontrol menyerukan kepada unit aritmatika logika untuk melakukan perhitungan yang diperlukan. Ketiga adalah cache, yang berfungsi sebagai memori berkecepatan tinggi di mana instruksi dapat disalin ke dan diambil.

komponen cpu

diatas merupakan komponen dari cpu

Ringkasan

Singkatnya, CPU adalah otak dari sebuah komputer, pengolahan semua instruksi yang Anda berikan. Sebuah CPU memiliki berbagai komponen untuk menerima instruksi, mengolahnya dan kemudian mengubah mereka menjadi sinyal untuk mengaktifkan bagian lain dari komputer. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan switch mikroskopis yang dikenal sebagai transistor yang terletak di chip silikon.

Untuk membuat pekerjaan lebih cepat CPU, sejumlah inovasi teknologi telah dilaksanakan: 1) dikemas lebih banyak transistor ke dalam CPU tunggal, 2) meningkatkan kecepatan clock CPU, 3) meningkatkan jangkauan bilangan bulat yang digunakan untuk mewakili angka, dan 4) mempekerjakan beberapa core dalam CPU tunggal.

Input Device atau Perangkat Masukan merupakan perangkat keras yang berguna untuk memasukan data atau perintah dalam komputer. Alat input tidak bisa bekerja tanpa adanya software atau perangkat lunak. ada dua jenis perangkat masukan yakni input langsung (langsung diproses. Contoh: keyboard dan mouse) dan peralatan input tidak langsung (harus melalui media tertentu. Contoh: harddisk dan flashdisk). Berikut adalah beberapa macam perangkat masukan komputer lengkap dengan gambar. Baiklah soba sekarang mari kita melihat langsung Macam Macam Input Device dan Fungsinya di bawah ini:

1)keyboard

Keyboard

Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada kompute

2)Mouse

Mouse

Mouse (tetikus) adalah perangkat keras yang mudah digenggam, umumnya berisi dua tombol dan sebuah bola atau laser dibawahnya untuk menggerakan kursor (pointer). Fungsi mouse adalah untuk menggerakan kursor, melakukan scroll (tidak semua mouse), klik kiri, dan klik kanan. Gerakan kursor dalam keadaan default selalu mengikuti arah perpindahan mouse.

3)Joystick

joy stick

Joystick adalah perangkat keras berbentuk seperti tuas gigi mobil atau seperti stick konsol. Fungsi joystick adalah untuk bermain game atau permainan pada komputer. Stick Xbox bisa digunakan sebagai joystick pada komputer Windows karena sama-sama buatan Microsoft.

4)Trackball

Trackball

Trackball adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan.

5)Light pen

Lightpen

Lightpen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan men-desain gambar dengan screen(monitor)

6)scanner

Scanner-500x276

Scanner adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah data analog (kertas) menjadi data digital. Scanner yang dikombinasikan dengan printer akan menjadi mesin fotocopy berukuran kecil. Hasil scan biasanya berupa gambar atau file PDF.

daftar harga hardware

1)keyboard:

Corsair Vengeance K70 RGB ( Cherry MX Brown Switch , RGB Backlighting ) Keyboard  2.095.000,-
Corsair Vengeance K70 RGB ( Cherry MX Red Switch , RGB Backlighting ) Keyboard  2.095.000,-
Corsair Vengeance K95 RGB ( Cherry MX RGB Brown Switch , RGB Backlighting ) Keyboard  2.295.000,-
Corsair Vengeance K95 RGB ( Cherry MX RGB Red Switch , RGB Backlighting ) Keyboard  2.295.000,-
2)mouse

A4TECH N-310 V-Track Mouse  61.000,-
A4TECH N-312 Mouse  76.000,-
A4TECH N-320 V-Track Mouse  66.000,-
A4TECH N-321 V-Track Mouse  64.000,-
A4TECH N-350 Mouse  75.000,-
A4TECH N-370FX V-Track Mouse  71.000,-
A4TECH N-400 Mouse  64.000,-
A4TECH N-556FX V-Track Mouse  64.000,-
Brother ADS-1100w Scanner  4.025.000,-
Brother ADS-1600w Scanner  5.495.000,-
Brother ADS-2100E Scanner  5.620.000,-
Brother ADS-2400N Scanner  7.035.000,-
Brother ADS-2800W Scanner  8.550.000,

 

 

 

 

 

Pengertian dan Fungsi Peralatan Output Pada Komputer

Peralatan Output pada komputer adalah merupakan komponen komputer yang berfungsi menghasilkan informasi yang diperoleh dari hasil proses dari peralatan proses komputer. Output hasil proses dari komputer digolongkan menjadi 4 bentuk yaitu: huruf, gambar, suara dan video. Peralatan output akan menghasilkan informasi untuk manusia sehingga bisa dibaca, dilihat, didengar dan dipahami.

Macam-macam dan fungsi peralatan output komputer :

1)printer

printer

Printer merupakan peralatan output pada komputer yang berfungsi mencetak hasil dari proses komputer ke dalam media kertas.Hasil cetakan dari printer dapat berupa gambar maupun tulisan. Printer merupakan komponen komputer yang digolongkan ke dalam peripheral yang sangat penting untuk membantu kerja manusia. Berdasarkan media cetaknya printer ada beberapa macam, yaitu: printer inkjet, printer laserjet dan printer dotmatrik.

Harga Printer

Brother HL-L6200DW Wireless Mono Laser Printer , Automatic Duplex Laser Mono  5.695.000,

2)Monitor

monitor

(LG 34UM68-P 34 Inch UltraWide Rentang Harga:  Rp 5.240.000 – Rp 10.417.500)

Monitor merupakan peralatan output pada komputer yang berfungsi untuk menampilkan grafik atau gambar sehingga informasi dapat diterima oleh manusia.

PENGERTIAN SOFTWARE

Pengertian Software komputer adalah perangkat lunak komputer untuk mengkontrol perangkat keras. Bisa juga diartikan sebagai data yang diprogram dan disimpan secara digital dalam bentuk aplikasi, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud alias bekerja dibelakang layar atau sistem

Jenis-jenis Software atau Perangkat Lunak

Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware) .

Software berbayar

Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.

Freeware

Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).

Free Software

Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal.

Perbedaan yang nyata antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata free dalam bahasa Inggris, yang berarti keduanya bebas dan gratis. Oleh karena itu, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas, sama seperti Freeware tidak harus gratis.

Shareware

Shareware juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari) . Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah melewati maksimum, program akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli produk jika Anda ingin tetap menggunakannya.

berikut adalah daftar harga dari software:

Adobe acrobat profesional versi 11 Software  5.473.000,-
Adobe Acrobat Standard Versi 11 Software  3.666.000,-
Adobe Photoshop CS6 Versi 13 Software  9.962.000,-
Adobe Photoshop Extended CS6 Versi 13 Software  12.955.000,-
Autocad Autocad LT 2015 Non Sub Software  14.387.000,-
Autocad Autocad 3D 2014 Include Sub Software  33.540.000,-
Autocad Autocad LT 2015 Include Sub Software  16.071.000,-
Autocad Autocad LT 2016 Non Sub Software  14.649.000,-

Kesimpulan:hardware,dan sofware memiliki peranan dan fungsinya masing-masing serta kita bisa tahu berapa harga software dan hardware dari harga yan termurah hingga yang mahal

sumber:

http://genggaminternet.com/macam-input-device-perangkat-masukan-komputer/

http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-software-perangkat-lunak-komputer/

http://www.rakitan.com/kategori.php?id=46

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *